cover
Contact Name
Krida Singgih Kuncoro
Contact Email
krida.kuncoro@ustjogja.ac.id
Phone
+6285742771889
Journal Mail Official
union@ustjogja.ac.id
Editorial Address
Jl. Batikan, UH III No.1043, Tahunan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167.
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 2339224X     EISSN : 25793209     DOI : https://doi.org/10.30738/union
Core Subject : Education,
Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open access journal published three times in a year (March, July, and November). Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share knowledge in the form of empirical and theoretical research articles. The scope of Union is Mathematics Education which includes, but is not limited to the following topics: Mathematics Ability, Mathematics Learning Model, Mathematics Learning Media, Curriculum Development, Assessment and Evaluation, Didactical Design Research (DDR), Realistic Mathematics Education (RME), Ethnomathematics, Research and Development (RnD), PISA Task.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 3 (2019)" : 14 Documents clear
Modul Geometri Kubus dan Balok pada Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Ajaran Ki Hadjar Dewantara sumiati, sumiati; Arcana, I Nyoman; Taufiq, Irham
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.86 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i3.5200

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan modul untuk pembelajaran Think Pair Share berbasis ajaran Ki Hadjar Dewantara materi geometri kubus dan balok di SMP. (2) mengetahui tingkat kelayakan modul untuk pembelajaran Think Pair Share berbasis ajaran Ki Hadjar Dewantara. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, tetapi hanya dibatasi sampai 5 langkah. Hasil penelitian ini adalah produk berupa modul pembelajaran dengan judul “Belajar Kubus & Balok dengan 3N”. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, modul pembelajaran yang dibuat memperoleh skor rerata 3,5 dan validasi ahli modul memperoleh skor rerata 3,8 serta angket respon peserta didik memperoleh skor rerata 91,44 dan persentase keterlaksanaan pembelajaran adalah 92%. Kelayakan juga didukung oleh korelasi skor angket respon peserta didik dengan tes hasil belajar yaitu dengan kriteria kelayakan berada pada kategori sedang, sehingga modul pembelajaran ini layak untuk digunakan.
Analisis Penerapan Pendekatan STEM untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Peluang Widiastuti, Ari; Indriana, Adelia Febby
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.02 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i3.5895

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan STEM dapat mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi peluang dan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan pendekatan STEM pada materi peluang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas VIII G yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 yaitu observasi, wawancara, dan dokmentasi. Instrumen yang digunakan dalam peneitian ini adalah angket skala berpikir kreatif, pedoman observasi dan wawancara. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Siswa dapat dikategorikan mempunyai kemampuan berpikir kreatif tinggi dan sedang. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEM efektif digunakan untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi peluang.
Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Seniasih, Ni Ketut; Andinasari, Andinasari; Marhamah, Marhamah
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.839 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i3.6018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan representasi matematis melalui model pembelajaran Means-Ends Analysis siswa kelas VII. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah ada peningkatan kemampuan representasi matematis melalui model pembelajaran Means-Ends Analysis pokok bahasan operasi pada pecahan siswa kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Lalan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 32 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan desain pembelajaran The One-Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pretest dan Posttest. Data dianalisis dengan menggunakan uji gain ternormalisasi (N-Gain). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pembelajaran Means-Ends Analysis dengan indeks N-Gain diperoleh 0,79 dan termasuk dalam kriteria tinggi.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Quipper School patmi, patmi; sholikhakh, Rizqi Amaliyakh; sina, ibnu
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.859 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i3.5276

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran Problem Based Learing berbantuan quipper school. Tujuan penelitian untuk memperoleh perangkat pembelajaran yang valid dan praktis. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Brebes. Metode penelitian mengunakan model pengembangan 4D Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3D, yakni Define (Pendefisian), Design (Perancangan), dan Develop(Pengembangan). Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Tugas Siswa (LTS) berbantuan quipper school menunjukan pembelajaran dikembangakan dengan valid dan praktis. Dikatakan valid karena ahli menilai bahwa  pembelajaran ini dikategorikan  reseasangat baik. Praktis, karena siswa memberika respon positif dan guru memberikan penilaian yang sangat baik. Hasil yang didapatkan dari pengembangan perangkat pembelajaran Problem Based Learning berbantuan quipper school valid dan praktis.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Fathonah, Nur; Yudhawati, Ulin
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.412 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i3.5910

Abstract

Hasil belajar siswa SMAN 15 Surabaya materi eksponensial dan logaritma masih rendah. Kondisi ini dilatarbelakangi pasifnya siswa selama pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran di kelas dengan diterapkannya pembelajaran berbasis masalah. Pelaksanaan kegiatan perbaikan dan peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran ini diterapkan pada siswa kelas X MIPA 1 SMAN 15 Surabaya sejumlah 32 siswa.. Peneliti selaku pelaksana perbaikan proses pembelajaran dan subjek yang membantu pelaksana yaitu guru dan kepala sekolah.  Observasi dan tes merupakan teknik yang digunakan peneliti untuk memperoleh data primer dari proses perbaikan pembelajaran ini kemudian dilakukan analisis data secara diskriptif kulitatif. Melalui perbaikan pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis masalah ini diperoleh bahwa adanya perubahan peningkatan aktivitas dan perbaikan hasil belajar siswa kelas X MIPA 1 SMAN 15 Surabaya. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa.
Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy Trisnawati, Nika Fetria
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.778 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i3.6126

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan model Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar dan self efficacy mahasiswa kelas E semester 6 FKIP Universitas Muhammadiyah Sorong tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian Preexperimental dengan desain one group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian mencakup seluruh Mahasiswa semester VI Pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Sorong dengan kelas E sebagai sampel acak. data peningkatan self efficacy siswa diperoleh dengan menggunakan lembar angket dan data hasil belajar digunakan tes hasil belajar. Untuk menguji keefektifan model pembelajaran digunakan One sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Group Investigation efektif meningkatkan hasil belajar dan self efficacy mahasiswa. Penelitian ini sangat berguna untuk mengetahui Model-Model pembelajaran yang efektif dalam hasil belajar dan self efficacy dalam materi pembelajaran di kelas.
Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Tingkat Kesejahteraan Keluarga dan Kecerdasan Emosional Siswa Maulana, Ahmad -; suryadi, suryadi -
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.123 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i3.5583

Abstract

Tujuan penelitian adalah; 1) untuk mengetahui pengaruh tingkat kesejahteraan keluarga terhadap pemahaman konsep matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap pemahaman konsep matematika, 3) untuk mengetahui secara simultan pengaruh tingkat kesejahteraan keluarga dan kecerdasaan emosional siswa terhadap pemahaman konsep matematika, 4) untuk mengetahui korelasi antara tingkat kesejahteraan keluarga dan kecerdasan emosional siswa terhadap pemahaman konsep Matematika.  Metode penelitian adalah deskriptif verifikatif melalui pendekatan ex post facto dan survey. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang dibagikan kepada siswa. Hasil penelitian adalah; 1) terdapat pengaruh pengaruh tingkat kesejahteraan keluarga terhadap pemahaman konsep matematika, terdapat pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap pemahaman konsep Matematika, 3) tingkat kesejahteraan keluarga dan kecerdasaan emosional siswa terhadap pemahaman konsep matematika. 4) terdapat korelasi antara tingkat kesejahteraan keluarga dan kecerdasan emosional siswa terhadap pemahaman konsep matematika.
Problem Based Learning pada Pembelajaran Literasi Matematika: Studi Quasi Eksperimental pada Mahasiswa PGSD yustitia, via
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.244 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i3.5912

Abstract

Literasi matematika adalah kemampuan individu dalam merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika pada berbagai konteks. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan literasi matematika mahasiswa PGSD di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa PGSD angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan simple random sampling yang kemudian terpilih kelas 2018 E sebagai kelas eksperimen dan 2018 F sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode tes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang diadaptasi dari soal PISA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi matematika mahasiswa PGSD.
Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menilai Kebenaran Pernyataan Matematis aminudin, mohamad; Basir, mochammad Abdul
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.895 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i3.5841

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dapat dianalisa melalui enam indikator yaitu Focus, Reasons, Inference, Situation, Clarity, dan Overview. Penelitian kualitatif ini bertujuan menganalisis kemampuan berpikir mahasiswa calon guru matematika dalam menilai kebenaran pernyataan matematis. Sampel penelitian ini terbatas pada subjek yang menilai benar atas pernyataan matematis. Hasil analisis menunjukkan bahwa subjek memahami masalah dan mengetahui konklusi yang akan dibuktikan (indikator reason). Namun, subjek kurang berpikir mendalam pada indikator Reasons, Inference, Situation, Clarity, dan Overview. Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari enam indikator dijelaskan pada hasil dan pembahasan.
Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV Prayitno, Sunyoto Hadi; Faizah, Hanim
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 3 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.402 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i3.5935

Abstract

Pengembangan media pembelajaran dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran, terutama di tingkat Sekolah Dasar (SD). Hal ini dikarenakan siswa SD masih dalam ranah berpikir operasional konkret. Sedangkan sebagian besar konsep dalam matematika adalah hal yang abstrak. Media pembelajaran matematika perlu dikembangkan untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep matematika, salah satunya adalah media pembelajaran untuk konsep Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Camat FPB-KPK”. Pengembangan Media ini menggunakan model pengembangan Plomp. Penelitian ini dibatasi hingga diperoleh hasil uji coba terbatas penggunaan Media Pembelajaran “Camat FPB-KPK”. Hasil yang diperoleh dalam uji coba terbatas adalah respon siswa baik, respon guru baik, hasil tes pemahaman siswa diketahui siswa dapat menyelesaikan 4 soal dari 5 soal yang diberikan dengan baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 14